Breaking News

Latihan Soal PAT PPKn Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Halo sahabat infodapodik, 

Jumpa lagi di blog informasi pendidikan. Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal PAT PPKn Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka. Harapan disampaikannya Latihan Soal PAT PPKn Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka ini dapat dibuat belajar siswa dan juga referensi bagi guru dalam membuat soal serta bahan bacaan bagi para pembaca pada umumnya.

Ayo baca, pelajari dan pahami. Semoga Latihan Soal PAT PPKn Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka bermanfaat bagi kita semua.
   
Tulisan Terkait :
_

LEMBAR SOAL PENDIDIKAN
PANCASILA KELAS 7 BAB IV – VI KURIKULUM MERDEKA



 



1.    
Persatuan dalam keragaman masyarakat Indonesia memiliki arti
penting ....



A.    
tercipta keamanan dalam lingkungan masyarakat



B.    
terwujudnya kehidupan masyarakat yang serasi, selaras, dan
seimbang



C.   
terbentuknya aturan untuk mengatur hubungan masyarakat



D.   
mempererat hubungan antar suku



#KUNCI: 



 



2.    
Sikap yang harus dihindari dalam mewujudkan persatuan dalam
keragaman masyarakat Indonesia adalah ....



A.   
memandang rendah suku atau budaya lain



B.   
tidak menganggap suku dan budayanya
paling baik



C.   
menerima keragaman suku bangsa sebagai
kekayaan bangsa



D.   
mengutamakan
negara daripada kepentingan daerah atau suku



#KUNCI: 



 



3.    
Berikut ini adalah bentuk
toleransi terhadap keragaman gender, kecuali...



A.   
Membeda-bedakan laki-laki dan
perempuan dalam bertema
n



B.   
Memberikan perlakuan yang sama
kepada semua teman



C.   
Memberikan hak yang sama antara
laki-laki dan perempuan



D.   
Tolong-menolong tanpa membedakan
jenis kelamin



#KUNCI: 



 



4.    
Penyebab Indonesia memiliki
keragaman gender adalah...



A.   
sistem kemasyarakatan di beberapa
daerah mengharuskan adanya dominasi salah satu jenis kelami
n



B.   
pendapat masyarakat daerah bahwa
suatu pekerjaan lebih baik dilakukan oleh jenis kelamin tertentu



C.   
pandangan dalam masyarakat yang
mengelompokkan tugas-tugas tertentu berdasarkan jenis kelamin



D.   
kedatangan bangsa asing ke
wilayah Indonesia membawa nilai tersendiri tentang kekuasaan berdasarkan jenis
kelami
n



#KUNCI: 



5.     Salah
satu contoh sikap menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia adalah...



A.   
hanya mau membantu saudara



B.   
menghargai pendapat diri sendiri



C.   
sangat bangga terhadap kebudayaan daerahnya



D.   
menghormati suku lain yang sedang
melaksanakan upacara adat



#KUNCI: 



6.     Keragaman
suku bangsa di Indonesia bisa dilihat dari keragaman ...



A.   
rumah adat dan warna kulit



B.   
bentuk rahang dan warna mata



C.   
bentuk bangunan dan mata pencaharian



D.   
mata pencaharian dan bentuk tubuh



#KUNCI: 




7.    
Sikap yang harus
dikembangkan dalam mewujudkan rasa persatuan dalam keragaman adalah...



A.   
Menghapuskan semua perbedaan



B.   
Mementingkan suku dan budaya sendiri



C.   
Menerima dan menghargai segala
keragaman suku dan budaya sebagai suatu kekayaan bangsa



D.   
Membatasi diri untuk bergaul dengan
teman dari lain suku



#KUNCI: 



 



8.    
Kemajemukan atau keragaman suku, bahasa, adat istiadat serta
bentuk kesenian daerah bagi bangsa Indonesia merupakan...



A.   
pemasukan devisa



B.   
ciri khas bangsa Indonesia



C.   
kekayaan bangsa Indonesia



D.   
kebudayaan bangsa atau kebudayaan
nasional



#KUNCI: 



 



9.    
Agama yang dianut oleh bangsa Indonesia ada beragam,
diantaranya Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Agar tercipta
kehidupan beragama yang harmonis, sikap yang harus dikembangkan adalah...



A.   
Membatasi pergaulan dengan orang yang
berbeda agama dan keyakinan



B.   
bersikap toleran kepada orang yang
berbeda agama



C.   
Menghormati ibadah orang yang beragama
sama dengan kita



D.   
Tidak memaksakan kehendak kita kepada
orang yang seagama



#KUNCI: 



 



10.  Keragaman
suku dan budaya merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. Oleh
karena itu kita jangan sampai mengabaikan suku dan budaya sendiri. Langkah yang
tepat untuk dilakukan dalam melestarikan suku dan budaya bangsa tersebut adalah
....



A.   
menerima budaya asing sebagai budaya
kita juga



B.   
mengenalkan budaya ke anak cucu dengan
membuat program dan fasilitas yang relevan.



C.   
menyaring budaya asing yang masuk



D.   
lebih sering menggunakan budaya asing
ketimbang budaya sendiri karena lebih menarik



#KUNCI: 



 



11.  Bangsa
Indonesia disebut negara yang memiliki keberagaman dalam berbagai bidang.
Kondisi tersebut menjadikan bangsa Indonesia disebut sebagai bangsa yang ....



A.   
tunggal



B.   
majemuk



C.   
terpisah



D.   
besar



#KUNCI: 



 



12.  Suku
adalah kelompok manusia yang terikat oleh kesadaran dan jati diri mereka akan
kesatuan kebudayaan mereka. Setiap suku bangsa memiliki ciri- ciri yang khas.
Berikut ini termasuk aspek yang merupakan ciri- ciri yang khas dari suku bangsa
adalah ....



A.   
bahasa, adat istiadat, dan kesenian



B.   
pandangan hidup, mata pencaharian, dan
agama



C.   
ciri fisik, keturunan, dan mata
pencaharian



D.   
keyakinan masyarakat, keturunan dan
pandangan hidup



#KUNCI: 



 



13.  Salah
satu hal yang harus dipupuk dalam membina sikap saling hormat menghormati dalam
kehidupan beragama adalah ....



A.   
bersifat reaktif dan menyerang



B.   
toleransi antarumat beragama



C.   
tolong menolong hanya bagi yang
seagama saja



D.   
suka berdebat dan memaksakan pendapat
orang lain



#KUNCI: 




14.  Sikap
yang harus dihindari dalam keberagaman ras agar tidak terjadi konflik di dalam
masyarakat adalah ....



A.   
toleransi



B.   
tenggang rasa



C.   
diskriminasi



D.   
kedudukan yang sama



#KUNCI: 



 



15.  Berikut ini adalah akibat yang ditimbulkan oleh sikap diskriminasi
terhadap ras tertentu, kecuali ....



A.   
tidak tercapainya
hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar sesama manusia



B.   
kesulitan dalam
mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesi
a



C.   
tercapainya
tujuan nasional Negara Kesatuan republik Indonesi
a



D.   
terjadi
pelanggaran hak asasi manusia



#KUNCI: 



 



16.  Menganggap suku bangsa sendiri lebih maju, unggul, dan baik
disebut sifat ....



A.   
Ekstrimisme



B.   
Primordialisme



C.   
Chauvinisme



D.   
Sekularisme



#KUNCI: 




17.  Salah satu contoh bentuk toleransi dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara adalah ....



A.   
tidak mau
bergaul dan berbaur dengan suku lain



B.   
perasaan senasib
sepenanggungan



C.   
kepentingan
pribadi lebih penting daripada kepentingan golongan



D.   
menganggap suku
sendiri lebih baik daripada suku lainnya



#KUNCI: 



 



18.  Contoh
perilaku toleran dapat tercermin dari perilaku berikut ini, kecuali ....



A.   
menghormati umat lain yang sedang
mengerjakan ibadah agamanya



B.   
memberi kesempatan umat lain untuk
menjalankan ibadah agamanya



C.   
berusaha mempelajari ajaran agama lain



D.   
membantu teman yang tertimpa musibah
tanpa memandang keyakinan mereka



#KUNCI: 



 



19.  Perilaku
toleran dalam berbagai aspek kehidupan dapat memperkuat ....



A.   
integrasi bangsa



B.   
disintegrasi bangsa



C.   
sifat rasisme



D.   
rasa kedaerahan



#KUNCI: 



 



20.  Perilaku
yang dapat dilakukan untuk menyikapi keberadaan ras dan suku di Indonesia
adalah ....



A.   
memandang rendah ras orang lain



B.   
menonjolkan perbedaan ras



C.   
mengutamakan kepentingan negara
daripada kepentingan ras masing- masing



D.   
bersikap bahwa setiap ras memiliki
harkat dan martabat yang berbeda



#KUNCI: 



 



21.  Berikut
ini adalah manfaat penanaman sikap toleransi dalam keberagaman bangsa Indonesia
kecuali ....



A.   
terciptanya kehidupan masyarakat yang
tenteram



B.   
terwujudnya persatuan bangsa



C.   
terciptanya kelompok dan golongan baru
dalam masyarakat



D.   
kemudahan dalam mewujudkan tujuan
nasional



#KUNCI: 



 



22.  Saat pemeluk agama lain menjalankan ibadah agamanya, hal yang
patut dilakukan adalah ....



A.   
ikut serta
menjalankan ibadah agama merek



B.   
membuat
keramaian disekitar tempat ibadahny
a



C.   
mengganggu
mereka agar tidak khusuk menjalankan ibadahny
a



D.   
bersikap tenang
dan tidak membuat gaduh



#KUNCI: 




23.  Nilai -
nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan
mengolah lingkungan hidup secara lestari disebut ....



A.   
Norma



B.   
adat budaya



C.   
kearifan lokal



D.   
tradisi



#KUNCI: 



 



24.  Di
bawah ini yang bukan merupakan fungsi dan manfaat kearifan lokal adalah ....



A.   
menjaga kelestarian sumber daya alam



B.   
menciptakan pandangan yang berlebihan
dalam perasaan kesukuan



C.   
mengembangkan sumber daya alam



D.   
mengatur kehidupan masyarakat melalui
aturan yang dibuat



#KUNCI: 



 



25.  Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa sehingga
sangat rawan adanya perpecahan dalam masyarakat. Salah satu cara untuk membina
persatuan dan kesatuan dalam keragaman tersebut adalah ....



A.   
memperkaya khasanah budaya bangsa
Indonesia



B.   
menonjolkan bahwa suku bangsa sendiri
lebih unggul



C.   
membeda- bedakan suku bangsa



D.   
menghargai dan menghormati segala
perbedaan yang ada



#KUNCI: 



 



26.  Cara
melestarikan budaya yang ada di Indonesia dapat dilakukan dengan cara berikut
ini, kecuali ....



A.   
mempelajari
kebudayaan yang ada di Indonesia



B.   
menggunakan produk-
produk lokal di Indonesia



C.   
mempromosikan
wisata- wisata menarik di luar negeri



D.   
mengikuti
kegiatan budaya yang ada di lingkungan sekitar



#KUNCI: 



 



27.  Adanya
keragaman budaya Indonesia akan membawa manfaat dalam ....



A.   
sumber pengetahuan bagi dunia



B.   
memupuk sikap toleransi dan alat pemersatu
bangsa



C.   
menumbuhkan sikap nasionalisme



D.   
jawaban A, B dan C benar



#KUNCI: 



 



28.  Daerah
atau kawasan pesisir pantai memiliki ciri lingkungan fisik ....



A.   
daerah bertebing



B.   
dataran berpasir



C.   
memiliki lembah yang landai



D.   
daerah yang tidak rata



#KUNCI: 



 



29.  Mata
pencaharian orang- orang yang tinggal di daerah pesisir pantai adalah ....



A.   
perkebunan



B.   
industri



C.   
perikanan



D.   
pertanian



#KUNCI: 



 



30.  Banyaknya
bencana seperti banjir, tanah longsor, sebagian besar disebabkan karena
perbuatan manusia dalam mengelola alam. Pernyataan yang tepat terkait hal
tersebut adalah ....



A.   
alam menuntun manusia untuk
mengembangkannya



B.   
manusia perlu menjaga lingkungan alam
untuk kebaikan dalam kehidupannya



C.   
manusia berhak untuk mengembangkan
alam sebesar-besarnya



D.   
keberadaan manusia adalah untuk
mengelola alam



#KUNCI: 



 



31.  Di
bawah ini yang merupakan faktor yang memengaruhi lingkungan hidup adalah ....



A.   
Geografis



B.   
sosial budaya



C.   
teknologi



D.   
semua jawaban benar



#KUNCI: 



 



32.  Di
bawah ini aktivitas manusia yang dapat memengaruhi perubahan lingkungan adalah
....



A.   
gempa bumi



B.   
tsunami



C.   
penebangan hutan



D.   
gunung meletus



#KUNCI: 



 



33.  Salah
satu cara untuk menghargai budaya lokal khususnya memelihara keberadaan situs
lokal yang mengandung nilai sejarah seperti Situs Sentono Lasem Sidayu Gresik adalah
....



A.   
memberitakannya secara luas



B.   
tidak merusak dengan membuat coretan
pada situs



C.   
mempelajari melalui buku situs
tersebut



D. mengajak masyarakat
mengunjungi situs tersebut untuk berswafoto



#KUNCI: 



 



34.  Berikut
ini adalah perilaku yang mencerminkan wujud kebanggaan sebagai bangsa
Indonesia, kecuali ....



A.   
menyukai untuk berlibur keluar negeri



B.   
menggunakan produk dalam negeri



C.   
mempelajari tari-tarian tradisional



D.   
menerapkan nilai tata krama yang baik



#KUNCI: 



 



35.  Di
bawah ini yang bukan termasuk nilai-nilai budaya untuk mempersatukan bangsa
Indonesia adalah ....



A.   
gotong royong



B.   
rasisme



C.   
toleransi



D.   
tenggang rasa



#KUNCI: 



 



36.  Langkah
yang tepat untuk melestarikan keberadaan suku dan budaya bangsa adalah ....



A.   
menerima budaya asing sebagai bagian
budaya kita juga



B.   
mengenalkan budaya ke anak cucu dengan
membuat program dan fasilitas yang relevan.



C.   
menyaring budaya asing yang masuk



D.   
mengganti budaya sendiri dengan budaya
asing yang lebih bebas



#KUNCI: 



 



37.  Kesenian
merupakan bagian dalam tata kehidupan masyarakat yang berbudaya. Dibawah ini
yang bukan merupakan fungsi seni secara umum adalah ....



A.   
sarana hiburan bagi masyarakat



B.   
menentukan norma perilaku yang teratur



C.   
memecah belah persatuan masyarakat



D.   
sebagai simbol komunikasi budaya
dengan masyarakat lainnya



#KUNCI: 



 



38.  Usaha
bersama antara orang per orang atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan
bersama disebut...



A.   
kerja sama



B.   
kerukunan



C.   
tolong menolong



D.   
tenggang rasa



#KUNCI: 



 



39.  Gotong
royong merupakan sebuah unsur budaya yang melekat pada bangsa Indonesia. Berikut
ini contoh gotong royong dalam kehidupan sehari-hari adalah...



A.   
menghormati dan menghargai ibadah umat
agama lain



B.   
kerja bakti membersihkan lingkungan
sekitar



C.   
membantu sesama yang kesusahan



D.   
ikut serta dalam kegiatan amal



#KUNCI: 



 



40.  Berikut
faktor-faktor penghambat dalam melakukan kerjsa sama (gotong royong) yaitu...



A.   
adanya perbedaan pendapat



B.   
ketidaksadaran manusia sebagai makhluk
sosial



C.   
mempunyai rasa percaya diri yang
tinggi



D.   
mementingkan urusan pribadi daripada
kepentingan umum



#KUNCI: 



 



41.  Berikut
ini yang bukan merupakan bentuk-bentuk kerja sama adalah...



A.   
Gotong royong



B.   
Akomodasi



C.   
Joint venture



D.   
Bargaining



#KUNCI: 



 



42.  Salah
satu bentuk kerja sama dalam interaksi asosiatif adalah kerja sama tradisional
yang di dalamnya termasuk gotong royong. Masyarakat bangsa Indonesia sangat menjunjung
tinggi budaya gotong royong. Salah satu fungsi nilai sosial yang terkandung
dalam gotong royong adalah...



A.   
menentukan harga dan kelas sosial



B.   
mengarahkan masyarakat untuk berpikir
dan bertingkah laku



C.   
membatasi perilaku manusia dalam
kehidupan bermasyarakat



D.   
meningkatkan solidaritas sosial antar
individu dalam masyarakat



#KUNCI: 



 



43.  Orang
yang suka melakukan kerja sama atau gotong royong akan terhindar dari sikap..



A.   
tepo seliro



B.   
individualis



C.   
kerukunan



D.   
peduli



#KUNCI:       



 



44.  Salah
satu manfaat gotong royong adalah...



A.   
meringankan pekerjaan



B.   
menambah beban



C.   
menjadikan pekerjaan tidak kunjung
selesai



D.   
memperlambat pekerjaan



#KUNCI: 



 



45.  Kerja
sama dapat berjalan dengan baik jika semua warga...



A.   
saling menunggu kerjaan



B.   
saling memerintah



C.   
saling bantu membantu



D.   
saling menunggu diri sendiri



#KUNCI: 



 



46.  Gotong
royong merupakan sebuah kerja sama yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat guna
menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Adapun kelebihan gotong rotong dibandingkan
dengan bentuk kerja sama lainnya yaitu...



A.   
dilakukan tanpa pamrih



B.   
dilakukan dalam berbagai kegiatan



C.   
dilakukan secara bersama-sama



D.   
hasil yang didapat menguntungkan semua
pihak



#KUNCI: 



 



47.  Pada
masyarakat kota yang sudah begitu komplek struktur sosialnya, pola kerja sama
seperti gotong royong sudah memiliki modifikasi khas kota dengan motif berikut
ini, kecuali...



A.   
menggalang persatuan dan kesatuan
berkaitan dengan cinta tanah air dan bangsa



B.   
memperoleh keuntungan ekonomis secara
efektif dan efisien



C.   
menjalin keakraban dalam suasana
kekeluargaan



D.   
menghindarkan dari persaingan



#KUNCI: 



 



48.  Berikut
ini merupakan nilai penting kerja sama dan gotong royong, kecuali…



A.   
Menguatkan kebersamaan



B.   
saling memahami



C.   
saling menghargai



D.   
saling acuh tak acuh



#KUNCI: 



 



49.  Seperti di dalam nomor ganda permainan bulu tangkis.
Yang bertubuh pendek umumnya di depan, sedangkan yang tinggi di belakang. Yang
depan menghadang shuttlecock di depan net, yang tinggi melancarkan smash dari
belakang.
Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari nilai penting kerja
sama dan gotong royong…



A.   
Menguatkan kebersamaan



B.   
saling memahami



C.   
saling menghargai



D.   
saling mengatasi kekurangan



#KUNCI: 



 



50.  Berdasar pemikiran Ki Hajar Dewantara, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan telah mengenalkan empat ‘olah
/karakter’ yang diperlukan dalam kehidupan, yakni olah hati, olah pikir, olah
raga, serta olah rasa dan karsa
.



Suka membantu teman, bersikap positif, dan pandai bersyukur menjadi
ciri karakter
… .



A.   
olah hati (karakter biru)



B.   
olah pikir karakter hijau)



C.   
olah raga (karakter kuning)



D.   
olah rasa
dan karsa
(karakter merah)



#KUNCI: 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak