Breaking News

Latihan Soal PPKn Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 1 - 3

Latihan Soal PPKn dan Kunci Jawabannya Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 1 - 3 

BAB I KEDUDUKAN
DAN FUNGSI PANCASILA



1. Pancasila menjadi landasan untuk mengatur penyelenggaraan negara, hal tersebut sesuai dengan fungsi Pancasila sebagai ... .

A. dasar negara

B. pandangan hidup

c. hukum dasar

D. ideologi negara


2. Rumusan resmi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ... .

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat


3.  Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal itu ditegaskan dalam… .

A. pasal 29 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945

B. pasal 29 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945

C. pasal 30 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945

D. pasal 30 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945


4. Upaya yang paling tepat untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan masyarakat adalah ... .

A. mengkaji dan membandingkan dengan negara lain

B. dapat menghapal sila-sila Pancasila dengan baik

C. mampu mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku sehari-hari

D. mengerti dan memahami Pancasila


5. Berikut ini adalah kedudukan dan fungsi Pancasila, kecuali... .
A. Pancasila sebagai dasar negara

B. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

C. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

D. Pancasila sebagai simbol kebanggaan negara


6. Arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi bangsa Indonesia yaitu... .
A. Pancasila menjadi milik pejabat Indonesia
B. Pancasila menjadi landasan pembenar tindakan penguasa
C. Pancasila sebagai alat pemecah belah persatuan
D.Pancasila menjadi pedoman menyelesaikan konflik

7. Akibat jika suatu negara tidak memiliki dasar negara adalah... .
A. Negara semakin kokoh dan kuat
B. Negara akan mudah hancur
C. Masyarakat akan semakin kompak
D. Persatuan kesatuan selalu terjaga

8. Pancasila merupakan nilai-nilai dasar dan luhur Bangsa Indonesia yang menjadi acuan serta pandangan hidup bangsa. Hal ini merupakan fungsi Pancasila sebagai … .

A. Pancasila sebagai dasar negara

B. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

C. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

D. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa


9. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Pandangan hidup merupakan....
A. Cara pandang
B. Landasan berpikir
C. Dasar kehidupan
D. Sumber kehidupan


10. Perumusan hukum dan peraturan negara mesti bernafaskan pada sila-sila dalam Pancasila. Hal ini merupakan fungsi Pancasila sebagai … .

A. Pancasila sebagai dasar negara

B. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

C. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

D. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa


11. Berikut ini pernyataan yang benar bahwa Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum adalah ... .
A. Pancasila berfungsi sebagai sumber hukum yang mengatur segala hukum yang berlaku di Indonesia
B. setiap hukum tidak boleh bertentangan dengan Pancasila
C. semua hukum harus tunduk dan bersumber pada Pancasila 

D. semua jawaban benar


Baca juga >> Soal-Pendidikan-Pancasila-Kelas-8-SMP-Bab-3-Kurikulum-Merdeka-Tata-Negara-dan-Pemerintahan


12. Kepribadian Bangsa Indonesia yang terwarnai oleh sila pertama tercermin dari sikap ….

A. hidup taat menjalankan ajaran agama 

B. mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa

C. menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan

D. mengutamakan musyawarah mufakat untuk pengambilan keputusan bersama

13. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang ambil dengan jalan musyawarah. Mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil secara moral kepada Tuhan Maha Esa. merupakan kepribadian bangsa Indonesia sesuai dengan Pancasila sila ke ….

A. Dua 

B. Tiga 

C. Empat

D. Lima


14. Menghormati hak orang lain, gemar memberikan pertolongan. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan Bersama  merupakan kepribadian bangsa Indonesia sesuai dengan Pancasila sila ke ….

A. Dua 

B. Tiga 

C. Empat

D. Lima


15. Pancasila adalah sebagai hal yang memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain. Dalam hal ini Pancasila berperan sebagai ....
A. jiwa bangsa Indonesia
B. kepribadian bangsa Indonesia
C. sumber dari segala sumber hukum
D. perjanjian luhur

16. Pancasila merupakan pedoman untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Hal ini menunjukkan fungsi pancasila sebagai ....
A. perjanjian luhur
B. cita- cita dan tujuan bangsa Indonesia
C. sumber dari segala sumber hukum
D. kepribadian bangsa Indonesia

17. Pancasila sebagai cita- cita dan tujuan bangsa Indonesia sesuai dengan NRI UUD 1945 alenia ke-2chat untuk menciptakan masyarakat yang ....
A. bahagia dan sejahtera
B. aman dan sentosa
C. adil dan makmur
D. adil dan bahagia

18. Bentuk negara Indonesia adalah … .

A. Federal

B. Republik

C. Monarki

D. Kesatuan


19. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal ini dinyatakan dalam …

A. Pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945

B. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945

C. Pasal 1 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945

D. Pasal 2 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945



20. Berikut ini merupakan perilaku yang mencerminkan menjaga keutuhan NKRI, kecuali… .

A. Menghormati teman-teman yang beragam suku

B. Membantu teman-teman yang sedang bertikai dan berselisih

C. Membantu teman-teman yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi di lingkungan sekolah atau masyarakat

D. Menjaga ketertiban sosial


21. Di dalam Pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945 dinyatakan bahwa negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk … .

A. Sentralisasi

B. Desentralisasi

C. Monarki 

D. Republik


22. Negara Indonesia adalah negara hukum. Hal ini tegas dinyatakan dalam …

A. Pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945

B. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945

C. Pasal 1 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945

D. Pasal 2 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945


23. Di bawah ini bukan merupakan ciri negara hukum yaitu … .

A. Supremasi Hukum

B. Persamaan dalam Hukum

C. Perbedaan dalam Hukum

D. Asas Legalitas Hukum


24. Berikut ini merupakan perilaku yang mencerminkan sikap taat hukum, kecuali … .

A. Hadir ke sekolah tepat waktu dan tidak pulang sekolah sebelum waktunya

B. Melaksanakan tugas piket kelas dengan penuh tanggungjawab

C. Mengerjakan tugas pembelajaran yang diberikan guru dan mengumpulkannya tepat waktu

D. Memberi contekan kepada teman saat ujian


25. Kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Hal tersebut merupakan bunyi … .

A. Pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945 sebelum amendemen

B. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945 sebelum amendemen

C. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945 sesudah amendemen

D. Pasal 1 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945 sebelum amendemen




 







BAB III TATA
NEGARA DAN PEMERINTAHAN



26. 
Kekuasaan didistribusikan menjadi tiga lembaga negara, yaitu
legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Ketiga  lembaga negara ini tidak terpisah, melainkan
saling terkait menjalankan prinsip check and balances (saling mengawasi dan
mengimbangi).



Lembaga negara yang berwenang membuat
undang-undang untuk menjalankan negara disebut… .



A.   
Legislatif



B.   
Eksekutif



C.   
Yudikatif



D.   
Mahkamah Konsititusi



 



27. 
Kekuasaan didistribusikan menjadi tiga lembaga negara, yaitu
legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Ketiga 
lembaga negara ini tidak terpisah, melainkan saling terkait menjalankan
prinsip check and balances (saling mengawasi dan mengimbangi).



Lembaga negara yang menjalankan negara
berdasarkan undang-undang disebut… .




  1. Legislatif

  2. Eksekutif

  3. Yudikatif

  4. Mahkamah
    Konsititusi



28. 
Kekuasaan didistribusikan menjadi tiga lembaga negara, yaitu
legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Ketiga lembaga negara ini tidak terpisah,
melainkan saling terkait menjalankan prinsip check and balances (saling
mengawasi dan mengimbangi).



Lembaga negara yang mengadili pelanggaran
terhadap undang-undang dalam menjalankan negara disebut… .



A.   
Legislatif



B.   
Eksekutif



C.   
Yudikatif



D.   
Mahkamah Konsititusi




29. 
UU Nomor 23 Tahun 2014 membagi urusan pemerintahan menjadi tiga,
yakni urusan pemerintahan absolut, konkuren, dan umum. Urusan pemerintahan absolut
adalah … .



A.   
Urusan pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah
pusat.



B.   
Urusan pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah
pusat dan daerah provinsi.



C.   
Urusan pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah
daerah provinsi.



D.   
Urusan pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah
daerah provinsi dan kabupaten/kota.



30. 
Agama, pertahanan, keamanan, yustisi, politik luar negeri, moneter
dan fiskal nasional adalah urusan pemerintahan … .



A.   
Absolut



B.   
Konkuren



C.   
Umum



D.   
Wajib



31. 
Pendidikan dan Kesehatan merupakan urusan pemerintahan … .



A.  
Absolut



B.  
Konkuren



C.  
Umum



D. 
Wajib



32. 
Pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan Nasional, Pembinaan
persatuan dan kesatuan bangsa merupakan urusan pemerintahan… .



A.  
Absolut



B.  
Konkuren



C.  
Umum



D. 
Wajib



33. 
Daerah otonom dalam lingkungan susunan pemerintahan Hindia Belanda
disebut… .



A.   
Daerah Swapraja



B.   
Daerah Swaraja



C.   
Daerah Raja



D.   
Daerah Swasembada



34. 
“Negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah
yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dengan Undang-undang.”
Ketentuan tentang Daerah Istimewa tersebut dalam Pasal … .



A.   
18 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945



B.   
18 B ayat 1 UUD NRI Tahun 1945



C.   
19 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945



D.   
19 B ayat 1 UUD NRI Tahun 1945



35. 
Sampai saat ini, wilayah yang menyandang status Daerah Istimewa
hanya ada dua, yaitu… .



A.   
DKI Jakarta, Nangro Aceh Darussalam



B.   
DKI Jakarta dan Yogyakarta



C.   
Yogyakarta dan Nangro Aceh Darussalam



D.   
Yogyakarta dan DKI Jakarta




36. Kepala pemerintahan di tingkat provinsi adalah... .

a. Walikota
b. Gubernur
c. Bupati
d. Presiden

37. Kepala pemerintahan di tingkat kabupaten disebut dengan...
a. Gubernur

b. Walikota
c. Bupati
d. Camat

38. Tugas utama pemerintah daerah adalah
a. Mengatur pemerintahan pusat

b. Menyusun undang-undang
c. Menyelenggarakan pemerintahan di wilayahnya
d. Mengatur hubungan internasional

39. Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam pemerintahan daerah adalah ... .
a. Menjadi kepala daerah

b. Mengawasi kebijakan pemerintah pusat
c. Menyusun dan mengesahkan peraturan daerah
d. Menyelenggarakan pemilihan umum

40. Bentuk partisipasi warga dalam pemerintahan daerah adalah... .
a. Dengan memberikan suara dalam pemilihan umum
b. Dengan membuat keputusan sendiri tanpa melibatkan pemerintah
c. Dengan menentang kebijakan pemerintah
d. Dengan membentuk pemerintahan sendiri


SOAL URAIAN Latihan Soal PPKn dan Kunci Jawabannya Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 1 - 3 



BAB 1




  1. Sebutkan
    fungsi dan kedudukan Pancasila!



JAWABAN : Pancasila sebagai dasar negara Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa Pancasila sebagai sumber dari segala sumber
hukum Pancasila sebagai kepribadian bangsa Pancasila sebagai cita-cita dan
tujuan bangsa




  1. Apa
    yang dimaksud dengan Pancasila sebagai kepribadian bangsa?



JAWABAN : Bangsa Indonesia memiliki watak,
karakter, dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.



 



BAB II




  1. Di
    sebuah desa kecil di Indonesia, terdapat tiga sahabat akrab, yaitu Ali,
    Budi, dan Cindy. Mereka tumbuh bersama dan memiliki berbagai perbedaan,
    termasuk latar belakang suku dan agama. Namun, ketiga sahabat ini selalu
    menunjukkan sikap yang mencerminkan semangat untuk menjaga keutuhan Negara
    Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).



 



Suatu hari, mereka mendengar kabar bahwa akan
ada perayaan kebudayaan di desa mereka. Ali, yang berasal dari suku A, Budi
dari suku B, dan Cindy dari suku C, bersama-sama merencanakan untuk membuat
pertunjukan yang mewakili keberagaman budaya Indonesia. Mereka bekerja sama
dengan sukarela, saling menghargai perbedaan, dan berbagi pengetahuan tentang
keunikan masing-masing budaya.



 



Selain itu, ketika ada konflik kecil di antara
anak-anak di desa terkait perbedaan suku dan agama, Ali, Budi, dan Cindy dengan
bijak berbicara kepada mereka. Mereka mengajak untuk saling menghormati,
memahami perbedaan, dan tetap bersatu sebagai satu bangsa, Indonesia.



 



Apa yang dilakukan Ali, Budi, dan Cindy untuk
mencerminkan semangat menjaga keutuhan NKRI?



JAWABAN : Ali, Budi, dan Cindy bekerja sama
dengan sukarela, menghargai perbedaan budaya, dan berbagi pengetahuan tentang
keunikan masing-masing budaya, serta dengan bijak menyelesaikan konflik kecil
yang muncul.



 




  1. Menurut
    A.V. Dicey, sebagaimana dikutip oleh Jimly Asshiddiqie, ciri negara hukum
    ada tiga, sebutkan!



1. Supremacy of law (supremasi hukum), yaitu
semua permasalahan yang terjadi dalam kehidupan bernegara diselesaikan dengan
hukum.



2. Equality before the law (persamaan dalam
hukum), yaitu setiap warga negara sama kedudukannya di dalam hukum. Tidak ada
perbedaan penerapan hukum antara pejabat dengan rakyat.



3. Due process of law (asas legalitas hukum),
yaitu semua kebijakan dan tindakan pemerintah harus didasarkan pada peraturan
perundangundangan yang sah dan tertulis



 



BAB III




  1. Sikap apa yang bisa kita teladani dari para pemimpin
    Daerah Swapraja saat akan bergabung dengan Negara Kesatuan Republik
    Indonesia?



Tidak egois dengan memilih menjadi negara
terpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, melainkan bergabung dengan
NKRI. Bahkan, memberikan sumbangan kekayaan kerajaan atau kesultanan untuk
membangun Negeri Indonesia.

 

Tulisan Terkait :
_

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak