55 Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Kelas 9 Mapel Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka

 

  1. Upaya yang paling tepat untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan masyarakat adalah ... .

a.       mengkaji dan membandingkan dengan negara lain

b.       dapat menghapal sila-sila Pancasila dengan baik

c.        mampu mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku sehari-hari

d.       mengerti dan memahami Pancasila

#Kunci: C

  1. Akibat jika suatu negara tidak memiliki dasar negara adalah... .

a.     Negara semakin kokoh dan kuat

b.     Negara akan mudah hancur

c.     Masyarakat akan semakin kompak

d.     Persatuan kesatuan selalu terjaga

#Kunci: B

  1. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang ambil dengan jalan musyawarah. Mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil secara moral kepada Tuhan Maha Esa. merupakan kepribadian bangsa Indonesia sesuai dengan Pancasila sila ke ….

a.     Dua

b.     Tiga

c.     Empat

d.     Lima

#Kunci: C

  1. Kekuasaan didistribusikan menjadi tiga lembaga negara, yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Ketiga  lembaga negara ini tidak terpisah, melainkan saling terkait menjalankan prinsip check and balances (saling mengawasi dan mengimbangi).

Lembaga negara yang berwenang membuat undang-undang untuk menjalankan negara disebut… .

a.     Legislatif

b.     Eksekutif

c.     Yudikatif

d.     Mahkamah Konsititusi

#Kunci: A

  1. Di bawah ini pernyataan yang tepat tentang kebangkitan nasional adalah...

a.     berubahnya cara perjuangan bangsa Indonesia

b.     berdirinya Budi Utomo

c.     berakhirnya kerajaan-kerajaan di Indonesia

d.     lahirnya bangsa dan negara Indonesia

#Kunci: B

  1. Perhatikan salah satu bunyi Sumpah Pemuda berikut!

Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

 

Bunyi ikrar Sumpah Pemuda tersebut mengandung makna bahwa...

a.     keberagaman yang ada di Indonesia harus dilestarikan sebagai satu kesatuan di bidang sosial budaya

b.     ancaman terhadap keutuhan dan kedaulatan negara menjadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia

c.     seluruh bangsa Indonesia harus memiliki rasa cinta pada tanah air sebagai bentuk penghormatan kepada penjajah

d.     kekayaan alam dan potensi yang ada di Indonesia dapat dinikmati untuk sebesar-besarnya kemakmuran penguasa

#KUNCI: B 

  1. Berikut ini merupakan nilai-nilai luhur dalam sumpah pemuda adalah…

a.     nilai persatuan, rela berkorban, cinta tanah air dan bangsa

b.     nilai persatuan, nilai kemandirian

c.     rela berkorban, cinta tanah air dan bangsa, nilai kemandirian

d.     semangat persaudaraan, nilai kemandirian

#Kunci: A

  1. Norma diperlukan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara baik yang  tertulis maupun tidak tertulis untuk menciptaan ketenangan dan ketertiban sehingga norma dapat diartikan sebagai …

a.     aturan yang bersifat mengikat

b.     kesepakatan bersama

c.     aturan bermasyarakat berdasarkan kesepakatan bersama yang bersifat mengikat

d.     aturan tertulis dengan sanksi-sanksinya

#Kunci: C

  1. Sikap yang harus dihindari dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman masyarakat Indonesia adalah ....

a.     memandang rendah suku atau budaya lain

b.     tidak menganggap suku dan budayanya paling baik

c.     menerima keragaman suku bangsa sebagai kekayaan bangsa

d.     mengutamakan negara daripada kepentingan daerah atau suku

#Kunci: A

  1. Salah satu contoh sikap menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia adalah...

a.     hanya mau membantu saudara

b.     menghargai pendapat diri sendiri

c.     sangat bangga terhadap kebudayaan daerahnya

d.     menghormati suku lain yang sedang melaksanakan upacara adat

#Kunci: D

  1. Salah satu cara untuk menghargai budaya lokal khususnya memelihara keberadaan situs lokal yang mengandung nilai sejarah seperti Situs Sentono Lasem Sidayu Gresik adalah ....

a.     memberitakannya secara luas

b.     tidak merusak dengan membuat coretan pada situs

c.     mempelajari melalui buku situs tersebut

d.     mengajak masyarakat mengunjungi situs tersebut untuk berswafoto

#Kunci: B

  1. Pancasila menjadi landasan untuk mengatur penyelenggaraan negara, hal tersebut sesuai dengan fungsi Pancasila sebagai ... .

a.       dasar negara

b.       pandangan hidup

c.        hukum dasar

d.       ideologi negara

#Kunci: A

  1. Mengkonsumsi produk-produk lokal asli Indonesia adalah salah satu bentuk implementasi nilai luhur dalam sumpah pemuda…

a.     nilai persatuan

b.     nilai berkorban

c.     cinta tanah air dan bangsa

d.     mengutamakan kepentingan bangsa

#Kunci: C

  1. Salah satu etika berinternet (netiket) yang harus diperhatikan dan diterapkan saat berselancar di dunia maya….

a.     menulis atau memposting informasi yang valid dan benar.

b.     mengunggah konten yang bisa mengganggu atau merugikan orang lain serta menimbulkan kegaduhan sosial.

c.     menyampuri postingan yang bukan menjadi urusan kalian.

d.     mengintip apalagi mencuri data orang lain

#Kunci: A

  1. Tokoh proklamator Indonesia dan harus menerapkan Pancasila dalam kepemimpinannya adalah… .

a.     Soeharto

b.     Megawati Sukarnoputri

c.     Sukarno

d.     Joko Widodo

#Kunci: C

  1. Dinamika penerapan Pancasila semasa kepemimpinan Presiden Sukarno mencakup... .

a.     pemberontakan terhadap pemerintah pusat

b.     agresi militer dari Amerika Serikat

c.     kekuatan ekonomi yang kuat

d.     pembangunan infrastruktur yang pesat

#Kunci: A

  1. Tantangan utama pemerintahan Presiden Sukarno dalam menerapkan Pancasila adalah… .

a.     menjaga keseimbangan ekonomi

b.     mengatasi ancaman dari Amerika Serikat

c.     menyatukan masyarakat yang beragam

d.     membangun infrastruktur modern

#Kunci: C

  1. Pembentukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) diharapkan dapat… .

a.     meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat

b.     menguatkan pertahanan negara

c.     menyosialisasikan ideologi Pancasila

d.     meningkatkan kualitas pendidikan

#Kunci: C

  1. Kunci utama untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur adalah… .

a.     pembangunan infrastruktur

b.     kesejahteraan ekonomi

c.     penegakan hukum

d.     pendidikan berkualitas

#Kunci: C

  1. Salah satu tugas Komisi Yudisial (KY) dalam amendemen UUD NRI Tahun 1945 adalah… .

a.     pembentukan lembaga peradilan

b.     pengawasan dalam bidang peradilan

c.     penyusunan RPJP

d.     pembentukan lembaga antikorupsi

#Kunci: B

  1. Tantangan utama yang dihadapi dalam penerapan Pancasila di masa depan adalah… .

a.     kestabilan Politik

b.     globalisasi

c.     demokrasi Terpimpin

d.     otonomi Daerah

#Kunci: B

  1. "Hierarki" dalam konteks peraturan perundang-undangan adalah… .

a.     sistem pohon

b.     urutan tingkatan

c.     jenis batang

d.     cabang-cabang

#Kunci: B

  1. Dengan adanya norma,setiap orang mendapatkan manfaat yang sama dari aturan/norma tersebut sehingga tercipta nilai utama norma sejalan dengan sila ke-5 yaitu …

a.     mencegah benturan kepentingan antarwarga

b.     membentuk karakter dan akhlak manusia

c.     menjadi petunjuk bagi setiap individu

d.     melahirkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara

#Kunci: D

  1. Berikut ini adalah perundang-undangan di Indonesia.

a.     Ketetapan MPR (Tap MPR).

b.     UUD NRI Tahun 1945.

c.     Undang-undang (UU) / Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu).

d.     Peraturan Pemerintah (PP).

e.     Peraturan Presiden (Perpres).

f.      Peraturan Daerah Provinsi (Perda Provinsi).

g.     Peraturan Daerah Kabupaten/Kota (Perda Kabupaten/Kota).

Susunlah urutan perundang-undangan tersebut sesuai dengan hierarki yang benar!

a.     g, f, e, d, c, b, a

b.     b, a, c, d, e, f, g

c.     a, b, d, c, e, f, g

d.     a, c, b, d, e, f, g

#Kunci: B

  1. Di bawah ini beberapa bentuk kerja sama bilateral yang dilakukan oleh Indonesia, kecuali… .

a.     kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Jepang

b.     kerja sama kesehatan antara Indonesia dengan Singapura

c.     kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Amerika Serikat

d.     kerja sama perdagangan antar Indonesia dengan negara-negara ASEAN

#Kunci: D

  1. Manfaat utama dari kerjasama bilateral adalah… .

a.     peningkatan persaingan

b.     isolasi internasional

c.     peningkatan pertumbuhan ekonomi

d.     pembatasan perdagangan

#Kunci: C

  1. Kerja Sama Luar Negeri adalah kerjasama yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia dengan Negara-negara sahabat maupun dengan Organisasi Internasional baik Inter-Governmental Organization maupun Non-Governmental Organization.

Kerjasama antara negara-negara di kawasan yang melibatkan lebih dari 2 (dua) Negara yang berada di suatu kawasan tertentu yang biasanya berdekatan disebut sebagai kerja sama… .

a.     Bilateral

b.     Regional

c.     Multilateral

d.     Bilateral – Regional

#Kunci: B

  1. Di bawah ini beberapa bentuk kerja sama regional yang dilakukan oleh Indonesia, kecuali… .

a.     ASEAN

b.     APEC

c.     Inisiatif Segitiga Terumbu Karang (CTI-CFF)

d.     PBB

#Kunci: D

  1. Manfaat utama yang dapat diperoleh Indonesia melalui kerja sama regional adalah… .

a.     penyatuan mata uang nasional

b.     penguatan kedaulatan tanah air

c.     peningkatan daya saing ekonomi

d.     pembatasan akses perdagangan internasional

#Kunci: C

  1. Kerja Sama Luar Negeri adalah kerjasama yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia dengan Negara-negara sahabat maupun dengan Organisasi Internasional baik Inter-Governmental Organization maupun Non-Governmental Organization.

Kerja sama yang diselenggarakan oleh bangsa-bangsa di dunia tanpa memandang wilayah untuk kepentingan tertentu disebut sebagai kerja sama… .

a.     Bilateral

b.     Regional

c.     Multilateral

d.     Bilateral – Regional

#Kunci: C

  1. Di bawah ini beberapa bentuk kerja sama multilateral yang dilakukan oleh Indonesia, kecuali… .

a.     ASEAN

b.     PBB

c.     Gerakan Non-Blok (GNB)

d.     Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)

#Kunci: A

  1. Tujuan utama Indonesia dalam kerja sama multilateral adalah… .

a.     menjadi negara adidaya

b.     memperluas wilayah kekuasaan

c.     meningkatkan kepentingan nasional saja

d.     menciptakan perdamaian dan kestabilan dunia

#Kunci: D

  1. Harmoni global adalah… .

a.     konflik dan perbedaan antar negara

b.     kerjasama dan perdamaian antar negara

c.     persaingan dan dominasi antar negara

d.     isolasi dan pembatasan antar negara

#Kunci: B

  1. Harmoni dan solidaritas global itu penting, karena… .

a.     untuk meningkatkan persaingan antar negara

b.     untuk menciptakan ketidakamanan di dunia

c.     untuk mencegah konflik dan mempromosikan perdamaian serta kesejahteraan global

d.     untuk memperkuat hegemoni satu negara atas yang lain

#Kunci: C

  1. Salah satu contoh praktik solidaritas global adalah… .

a.     menutup perbatasan dan mengisolasi negara-negara lain

b.     meningkatkan pertumbuhan ekonomi hanya pada satu negara

c.     bantuan kemanusiaan dan pembangunan kepada negara-negara yang membutuhkan

d.     meningkatkan persaingan untuk mendominasi pasar global

#Kunci: C

  1. Di bawah ini merupakan contoh dari tenggang rasa adalah… .

a.     membiarkan teman yang terlambat bergabung dalam permainan

b.     menertawakan teman yang salah menjawab pertanyaan guru

c.     mengabaikan teman yang sedang mengalami kesulitan

d.     membuat lelucon yang menyinggung perasaan teman.

#Kunci: A

  1. Di bawah ini merupakan contoh kolaborasi yang efektif di antara siswa adalah… .

a.     mengerjakan proyek kelompok tanpa berkomunikasi dengan anggota kelompok

b.     mengkritik ide-ide anggota kelompok secara kasar

c.     berbagi tugas dan ide, serta bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama

d.     mengejar pengakuan pribadi dan menolak untuk bekerja sama dengan kelompok

#Kunci: C

  1. Diantara TAP MPR yang sampai saat ini masih berlaku adalah tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia. Tap MPR tersebut adalah… .

a.     Ketetapan MPRS RI Nomor XXV/MPRS/1966

b.     Ketetapan MPRS RI Nomor XIV/MPRS/1966

c.     Ketetapan MPRS RI Nomor XV/MPRS/1976

d.     Ketetapan MPRS RI Nomor XV/MPRS/1976

#Kunci: A

  1. Ketetapan MPR RI Nomor XI/MPR/1998 tentang … ..

a.   penyelenggaraan Negara yang Bersih, Bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN)

b.   penyelenggaraan Pemilihan Umum

c.   pembentukan dan Pemberhentian Anggota MPR

d.   pembahasan Rancangan Undang-Undang Pokok Agraria

#Kunci: A

  1. Kerja Sama Luar Negeri adalah kerjasama yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia dengan Negara-negara sahabat maupun dengan Organisasi Internasional baik Inter-Governmental Organization maupun Non-Governmental Organization.

Hubungan antara dua negara dengan tujuan saling menguntungkan kedua belah pihak disebut sebagai kerja sama… .

a.     Bilateral

b.     Regional

c.     Multilateral

d.     Bilateral – Regional

#Kunci: A

 

Tulisan Terkait :



  1. Di sebuah rumah tinggal keluarga Dwi, norma-norma yang telah disepakati selalu dijalankan dengan baik oleh setiap anggota keluarga. Setiap pagi, Dwi selalu bangun lebih awal untuk membantu ibunya menyiapkan sarapan, meskipun dia baru saja pulang dari sekolah malam sebelumnya. Ayah Dwi selalu mengingatkan untuk menjaga kebersihan rumah dengan mencuci piring setelah makan dan merapikan tempat tidur sebelum beraktivitas. Semua anggota keluarga saling menghormati satu sama lain, berbicara dengan sopan, dan mendengarkan pendapat masing-masing. Karena ketaatan pada norma-norma ini, suasana di rumah Dwi selalu penuh kehangatan dan kebersamaan, menciptakan rumah yang nyaman dan penuh cinta.


Apa saja dampak positif yang dapat dirasakan ketika setiap anggota keluarga taat terhadap norma-norma yang berlaku di rumah? Jelaskan!


  1. Di kelas 9B, ada seorang siswa bernama Rudi yang sering melanggar norma-norma yang berlaku di sekolah. Setiap pagi, Rudi sering terlambat masuk kelas, bahkan beberapa kali ia datang setelah pelajaran pertama dimulai. Selain itu, saat guru sedang menerangkan pelajaran, Rudi sering tidak memperhatikan dan sibuk dengan ponselnya, meskipun sudah diingatkan beberapa kali. Akibat kelakuannya itu, Rudi tidak hanya kesulitan memahami materi pelajaran, tetapi juga mengganggu teman-teman di sekitarnya yang ingin belajar dengan tenang. Pelanggaran terhadap norma ini membuat suasana kelas menjadi kurang kondusif dan mempengaruhi prestasi belajar Rudi.


Apa saja akibat yang bisa ditimbulkan jika seorang siswa sering melanggar norma-norma yang berlaku di sekolah? Jelaskan dengan memberikan contoh!


  1. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Program Makan Siang Gratis untuk pelajar di seluruh Indonesia, yang mulai diterapkan secara bertahap pada awal tahun 2025. 


Program ini bertujuan mendukung tumbuh kembang anak dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemenuhan kebutuhan gizi, mengingat banyak anak usia sekolah yang mengalami masalah gizi seperti stunting dan anemia, yang berdampak pada konsentrasi dan prestasi belajar. Presiden RI dalam peluncuran program ini menyatakan bahwa makan siang bergizi bukan hanya hak anak-anak, tetapi juga investasi untuk masa depan bangsa. 


Program ini mencerminkan penerapan Pancasila, khususnya sila kedua "Kemanusiaan yang adil dan beradab," yang menekankan keadilan sosial dan kesejahteraan rakyat, serta berperan dalam mengurangi ketimpangan sosial dan memperkuat semangat gotong-royong dalam pembangunan manusia Indonesia yang sehat dan cerdas.


Bagaimana Program Makan Siang Gratis dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia?


  1. Di sebuah sekolah terdapat kasus, Ani merasa kesulitan dalam memahami pelajaran PPKn. Saat ujian mendekat, Ani merasa cemas karena nilainya selalu rendah. Namun, salah seorang temannya, Dinda, yang sudah menguasai materi tersebut, dengan penuh tenggang rasa menawarkan bantuan untuk belajar bersama. Dinda tidak hanya memberikan penjelasan yang sabar, tetapi juga mengajak Ani untuk belajar secara perlahan dan tanpa menghakimi. Dengan bantuan Dinda, Ani menjadi lebih percaya diri dan akhirnya berhasil meraih nilai yang lebih baik. Kasus ini menunjukkan bagaimana tenggang rasa antar siswa dapat membantu menciptakan suasana yang mendukung proses belajar.


Bagaimana sikap tenggang rasa yang ditunjukkan Dinda membantu Ani dalam mengatasi kesulitannya belajar PPKn?


  1. Dalam tugas proyek kelompok tentang pembuatan video mengenai situs lokal Lasem, sekelompok siswa menghadapi tantangan besar karena setiap anggota memiliki ide dan cara kerja yang berbeda. Farel bertugas sebagai kameramen, namun dia merasa kesulitan mengoperasikan alat, sementara Maya yang pandai mengedit video ingin memfokuskan pada detail visual yang menarik. Namun, setelah berdiskusi, mereka memutuskan untuk membagi tugas secara lebih efisien. Farel akhirnya belajar mengoperasikan alat kamera dengan bantuan Dinda yang berpengalaman, sementara Maya mengedit video dengan menambahkan narasi dari Rizki yang berbakat berbicara. Kolaborasi mereka pun berhasil, dan video yang mereka buat tidak hanya informatif tetapi juga menarik, dengan masing-masing anggota berperan sesuai kekuatan mereka. Hasilnya, proyek kelompok ini mendapat pujian dari guru karena kerja tim yang solid.


Bagaimana kolaborasi antar anggota kelompok dalam pembuatan video tentang situs lokal Lasem membantu mencapai hasil yang sukses?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak