Breaking News

Harmoni dan Solidaritas Global bagi Bangsa Indonesia, Materi PPKn SMP Kelas 9 Kurikulum Merdeka

1. Pengertian Harmoni dan Solidaritas 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia V (2016), harmoni diartikan sebagai pernyataan rasa, aksi, gagasan, dan minat; keselarasan; keserasian. Dengan demikian harmoni adalah suatu proses menghargai, mengekspresikan, dan mempromosikan suatu perasaan yang menjunjung kesetaraan pada orang lain dalam masyarakat tertentu tanpa memandang perbedaan yang ada. 

Dalam kehidupan sehari-hari, perilaku yang menjunjung harmoni dibangun melalui lembaga-lembaga atau institusi-institusi berikut, yaitu: 

a) keluarga, merupakan tempat di mana nilai-nilai dibentuk untuk pertama kalinya. 

b) komunitas dan lingkungan, merupakan tempat di mana seseorang dapat dipengaruhi sikap dan perilakunya dalam menjunjung harmoni. 

c) organisasi, merupakan tempat untuk mendapatkan konsep dalam menjalin hubungan dengan orang lain. 

d) bangsa dan pemerintah, merupakan tempat seseorang tinggal dan mendapatkan nilai-nilai nasional kebangsaan. 

Pada dasarnya, sejak dahulu bangsa Indonesia sudah terbiasa hidup dalam situasi yang harmonis. Potret tersebut nampak di berbagai kesempatan. Contoh nyatanya terlihat pada proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara hingga disahkan. 

2. Arti Harmoni dan Solidaritas Global bagi Indonesia 

Indonesia dibangun atas dasar beragam perbedaan namun berupaya membangun nilai-nilai yang penuh harmoni dan solidaritas. Selain itu, Indonesia juga selalu berupaya untuk terus menjalin solidaritas dan bekerja sama dengan berbagai negara. 

Hal tersebut tentu dapat dimaknai sebagai sebuah anugerah dari Tuhan YME kepada bangsa Indonesia untuk tetap terus menjaga keharmonisan dalam setiap perbedaan yang ada. Ketika harmoni dan solidaritas di antara rakyat tidak terbangun maka akan ada kesulitan dalam menjalin hubungan dengan negara-negara lain di dunia. 

Peran Indonesia pada tatanan global menjadi penting karena selain dapat menjaga perdamaian dunia, dapat pula menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, berbagai keuntungan lain juga dapat diperoleh oleh Indonesia ketika senantiasa menjunjung harmoni dan solidaritas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu manfaat yang diperoleh adalah mendapatkan kepercayaan dalam membina hubungan dengan negara lain.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak