Breaking News

Solidaritas Global Indonesia dalam Isu Global, Materi PPKn SMP Kelas 9 Kurikulum Merdeka

Berbagai permasalahan yang terjadi dalam pergaulan global berupaya untuk diselesaikan oleh Indonesia. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari perwujudan amanat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 

Saat ini berbagai permasalahan terjadi dalam pergaulan global, tidak hanya menjadi masalah suatu bangsa atau negara tertentu saja, tetapi sudah menjadi permasalahan bersama. Seperti adanya pandemi Covid-19, apakah mungkin dapat diselesaikan oleh satu atau beberapa negara saja? Tentu saja tidak. Ada banyak persoalan dalam konteks global yang membutuhkan penyelesaian bersama di antara berbagai negara. Masalah-masalah yang ada di hadapan kita antara lain terjadinya perubahan iklim dan bencana, isu rasialisme, isu terorisme, isu kesehatan global, dan perdamaian dunia. 

Masalah-masalah yang ada di hadapan kita antara lain terjadinya perubahan iklim dan bencana, isu rasialisme, isu terorisme, isu kesehatan global, dan perdamaian dunia. 

1. Perubahan Iklim 

Kerja bersama secara harmonis serta solidaritas antar negara guna bersama-sama menyelesaikan berbagai tantangan dalam menghadapi perubahan iklim. Mengapa demikian? Karena masalah perubahan iklim tidak dapat diselesaikan oleh satu atau dua negara saja. Untuk menghadapi perubahan iklim membutuhkan fokus dan upaya bersama dalam menyelesaikan berbagai masalah yang muncul. Perlu dipetakan secara akurat mulai dari faktor penyebab hingga dampak yang ditimbulkan.

Pemerintah Indonesia juga fokus dalam isu global ini dengan mencanangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) IV tahun 2020–2024 mencakup tujuh agenda. Isu lingkungan dan perubahan iklim termasuk di dalam agenda ketiga yaitu “Membangun Lingkungan Hidup, Meningkatkan Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim“. 

2. Anti Rasialisme 

Fakta bahwa Indonesia terdiri dari beragam suku dan bangsa sejak zaman nenek moyang dahulu tidak bisa dielakkan. Maka wajar ketika kalian hidup dalam lingkungan masyarakat akan melihat banyak sekali perbedaan mulai dari warna kulit, mata, rambut, hingga bentuk tubuh. Dan kesemua bentuk fisik yang berbeda-beda tersebut didasarkan pada ciri dari masing-masing suku dan bangsa. 

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki keragaman sangat berperan dalam menjalin serta membangun harmoni diantara bangsa-bangsa untuk menjunjung semangat anti rasialisme. Prinsip dalam menjalin harmoni dan solidaritas anti rasialisme menjadi hal penting yang diperjuangkan diantara negara-negara di dunia. 

3. Anti Terorisme 

Kehidupan berbangsa dan bernegara pasti mengalami tantangan yang harus dihadapi bersama. Salah satunya adalah menghadapi teror yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau bahkan negara lain. 

Tindakan terorisme saat ini dianggap memiliki kecenderungan didominasi dilakukan oleh kelompok-kelompok agama yang memiliki paham radikal, meski pada kenyataannya tidak ada satu agama apapun yang mengajarkan kekerasan hingga melakukan aksi terorisme. Aksi tersebut mengancam dan merugikan masyarakat. Bahkan yang menyedihkan hingga menimbulkan korban jiwa. 

Berdasarkan pengalaman adanya teorisme, Indonesia telah memiliki Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme. 

4. Kesehatan Global 

Solusi dari berbagai tantangan kesehatan global yaitu bekerja sama serta memiliki rasa solidaritas yang tinggi. Banyak permasalahan kesehatan global yang dapat teratasi dengan adanya solidaritas antar bangsa. Hal tersebut tercermin dari adanya vaksin yang dibuat dalam upaya menghadapi persoalan akibat kesehatan global seperti wabah penyakit SARS, Ebola, dan Flu Babi yang pernah terjadi. 

5. Perdamaian Dunia 

Tujuan nasional Indonesia yang tertera dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 alinea keempat dengan tegas menyebutkan, yaitu “ikut melaksanakan ketertiban dunia”. Lantas apa yang dapat kita lakukan sebagai warga Negara? 

Indonesia telah mendorong solidaritas global dalam bentuk mengampanyekan perdamaian dunia yang sesuai dengan tujuan Negara Indonesia. Hal ini dilakukan karena Indonesia memiliki jejak sejarah yang serupa, yaitu mendapatkan kemerdekaan karena mendapatkan dukungan dan solidaritas dari bangsa-bangsa yang memiliki nasib yang sama, yaitu negara yang pernah di jajah. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak