Breaking News

Tantangan dalam Menjaga Harmoni dan Solidaritas Global bagi Bangsa Indonesia, Materi PPKn SMP Kelas 9 Kurikulum Merdeka

Kemajuan zaman serta teknologi karena adanya globalisasi, keamanan dunia yang terkadang masih tidak menentu, dan masalah lingkungan hidup merupakan tantangan terbesar saat ini. 

1. Modernisasi dan Globalisasi 

Modernisasi sendiri merupakan proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat yang modern. Modernisasi dapat pula diartikan perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern. Modernisasi juga dalam waktu tertentu akan memunculkan sebuah proses yang dinamakan globalisasi, yaitu proses penyatuan berbagai bentuk kelompok manusia menjadi satu wujud. 

Globalisasi tidak berkembang secara adil dan tidak berarti semua dampaknya menguntungkan atau baik. Bagi sebagian negara, globalisasi terkesan tidak menyenangkan karena globalisasi identik dengan westernisasi atau kebarat-baratan. Hal demikian tentu akan mengurangi sifat harmoni dan sulit untuk menciptakan perasaan senasib atau selaras yang merupakan ciri dari solidaritas global. 

Dengan hadirnya modernisasi dan globalisasi, besar harapannya kita justru dapat mengambil kesempatan untuk semakin merekatkan kekuatan bangsa dan negara Indonesia untuk menciptakan solidaritas global. 

2. Perdamaian 

Setiap perbedaan yang ada juga memiliki potensi sebgaai ancaman terhadap perdamaian. Adanya diskriminasi, munculnya gerakan terorisme, maupun konflik sosial lain merupakan pemandangan yang muncul di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara, maupun dalam tingkat global.

Terciptanya perdamaian di dunia merupakan salah satu tujuan dari Negara Indonesia, sehingga sebagai bangsa Indonesia harus memperhatikan perdamaian dalam hubungan dengan bangsa dan negara lain. Dengan terciptanya perdamaian, maka jalinan keharmonisan antar negara dapat tercipta. 

3. Lingkungan Hidup 

Isu mengenai lingkungan hidup akhirnya bukan hanya sebatas mengenai kerusakan alam, atau eksploitasi alam secara berlebihan, tetapi juga akan berdampak kepada kesehatan umat manusia di seluruh penjuru dunia. Banyak bencana alam yang membawa dampak bagi kesehatan manusia. Belum lagi jika terjadi wabah penyakit seperti saat ini, hal tersebut juga tidak dapat dilepaskan dari faktor manusia dalam menjaga lingkungan hidupnya dengan baik. 

Dengan demikian perlu didorong kesepakatan bersama antar negara demi terciptanya keseimbangan dalam lingkungan hidup agar kehidupan manusia dan ekosistem lainnya dapat terjaga dengan baik. Demikian pula dengan Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi alam yang melimpah ruah. Harus dapat menjaga dengan baik komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal ini dilakukan agar Indonesia dapat mengampanyekan keseimbangan serta kelestarian lingkungan hidup di hadapan negara-negara di dunia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak